Lompat ke isi utama

Berita

Polres dan Bawaslu Kota Lubuk Lingau Siap Bersinergi Wujudkan Pemilu Damai

Polres dan Bawaslu Kota Lubuk Lingau Siap Bersinergi Wujudkan Pemilu Damai

LUBUKLINGGAU - Polres dan Bawaslu Lubuklinggau siap mewujudkan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 yang Damai dan Berintegritas. Hal itu terungkap dalam Audiensi Kapolres Lubuklinggau bersama Pimpinan Bawaslu Lubuklinggau, Kamis (12/10) di Mapolres Lubuklinggau.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha menjelaskan, dibutuhkan sinergisitas dan kerjasama dari seluruh stakeholder terkait dan komponen masyarakat untuk menjaga kondusifitas demi mewujudkan Pemilu Damai.
Nantinya melalui launching OPS Mantap Brata Musi pada 19 9ktober 2023 yang
dilakukan serentak se-Sumsel dilaksanakan penandatangan dan Deklarasi Pemilu Damai oleh peserta pemilu dan pemangku kepentingan.

"Peserta pemilu diminta mematuhi norma hukum yang berlaku, siap menang dan siap kalah. Para pendukung harus menjaga hubungan harmonis, tetap tegus sapa meski beda pilihan politik. Hal ini sudah kami sampaikan pula kepada pimpinan parpol yang kami kunjungi door to door atau mendatangi langsung ke Sekretariat Parpol. Kami juga berharap ada sharing informasi terupdate mengenai kepemiluan. Parpol juga kami minta agar tidak melibatkan aparat dalam kampanye dan suksesi pemilu," terang dia.

Ketua Bawaslu Lubuklinggau, Dedy Kariema Jaya mengapresiasi langkah-langkah persiapan pengamanan pemilu yang telah dilakukan Polres Lubuklinggau. Dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas pemilu, tentu Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri. Perlu support dari instansi lain, salah satunya Polres Lubuklinggau

Kordiv Penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa. Mursyidi berharap, Polres Lubuklinggau bisa seiring sejalan dalam upaya mensukseskan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak 2024. Dalam hal penanganan pelanggaran, pihaknya memprioritaskan pencegahan dibanding penindakan.

Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas, Mirwan menambahkan, indeks kerawanan pemilu (IKP) masih terbilang cukup rendah. Harapannya kedepan, nilai IKP yang terbilang rendah dapat terus dipertahankan.

(Tim Humas Bawaslu Lubuklinggau)